Categories
Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM): Cara Melakukannya dengan Benar

Pemasaran mesin pencari, atau SEM, adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif. Dengan jutaan bisnis di luar sana semua berlomba-lomba untuk bola mata yang sama, tidak pernah lebih penting untuk beriklan secara online, dan pemasaran mesin pencari adalah cara paling efektif untuk mempromosikan produk Anda dan mengembangkan bisnis Anda.

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari gambaran umum dasar-dasar pemasaran mesin pencari serta beberapa tips dan strategi untuk melakukan pemasaran mesin pencari dengan benar.

Search Engine Marketing – Gambaran Umum

Pemasaran mesin pencari adalah praktik pemasaran bisnis menggunakan iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari (atau SERP). Pengiklan menawar kata kunci yang mungkin dimasukkan pengguna layanan seperti Google dan Bing saat mencari produk atau layanan tertentu, yang memberi pengiklan kesempatan bagi iklan mereka untuk muncul bersamaan dengan hasil untuk permintaan pencarian tersebut.

Iklan ini, sering dikenal dengan istilah iklan bayar per klik, datang dalam berbagai format. Beberapa iklan kecil berbasis teks, sedangkan yang lain, seperti iklan daftar produk (PLAs, juga dikenal sebagai iklan Belanja) adalah iklan berbasis produk yang lebih visual yang memungkinkan konsumen untuk melihat informasi penting sekilas, seperti harga dan ulasan.

Kekuatan terbesar pemasaran mesin pencari adalah bahwa ia menawarkan pengiklan kesempatan untuk menempatkan iklan mereka di depan pelanggan termotivasi yang siap untuk membeli pada saat yang tepat mereka siap untuk melakukan pembelian. Tidak ada media periklanan lain yang dapat melakukan ini, itulah sebabnya pemasaran mesin pencari sangat efektif dan cara yang luar biasa kuat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sudah melakukan SEM di Google? Periksa kinerja akun Anda dengan Google Ads Performance Grader.SEM vs. SEO gratis kami

SEM versus SEO: Apa bedanya?

Umumnya, “search engine marketing” mengacu pada pemasaran pencarian berbayar, sebuah sistem di mana bisnis membayar Google untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian.

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, berbeda karena bisnis tidak membayar Google untuk lalu lintas dan klik; Sebaliknya, mereka mendapatkan tempat gratis dalam hasil pencarian dengan memiliki konten yang paling relevan untuk pencarian kata kunci tertentu.

Baik SEO dan SEM harus menjadi bagian mendasar dari strategi pemasaran online Anda. SEO adalah cara yang ampuh untuk mengarahkan lalu lintas hijau di bagian atas corong, sementara iklan mesin pencari adalah cara yang sangat hemat biaya untuk mendorong konversi di bagian bawah corong. Kata kunci: Dasar dari Search Engine Marketing

Kata kunci adalah dasar dari pemasaran mesin pencari. Ketika pengguna memasukkan kata kunci (sebagai bagian dari permintaan pencarian) ke mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari, seharusnya tidak mengherankan bahwa kata kunci membentuk dasar pemasaran mesin pencari sebagai strategi periklanan. Penelitian Kata Kunci SEM

Sebelum Anda dapat memilih kata kunci mana yang akan digunakan dalam kampanye pemasaran mesin pencari Anda, Anda perlu melakukan penelitian komprehensif sebagai bagian dari strategi manajemen kata kunci Anda.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan calon pelanggan cenderung menggunakan saat mencari produk dan layanan Anda. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan Alat Kata Kunci Gratis WordStream.

Cukup masukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau layanan Anda, dan lihat ide saran kata kunci terkait yang dapat membentuk dasar dari berbagai kampanye pemasaran mesin pencari.

Alat Kata Kunci Gratis WordStream memberi Anda berbagai informasi berharga, seperti volume pencarian untuk setiap kata kunci individu di Google dan daya saing umumnya.

Selain membantu Anda menemukan kata kunci yang harus Anda tawarkan, penelitian kata kunci menyeluruh juga dapat membantu Anda mengidentifikasi kata kunci negatif – istilah pencarian yang harus Anda kecualikan dari kampanye Anda. Kata kunci negatif bukanlah istilah dengan konotasi negatif, melainkan istilah yang tidak relevan yang sangat tidak mungkin menghasilkan konversi. Misalnya, jika Anda menjual es krim, Anda mungkin ingin mengecualikan kata kunci “resep es krim”, karena pengguna yang mencari resep es krim tidak mungkin berada di pasar untuk produk Anda.

Konsep ini dikenal sebagai maksud pencarian, atau kemungkinan bahwa prospek akan menyelesaikan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan setelah mencari istilah tertentu. Beberapa kata kunci dianggap memiliki niat komersial yang tinggi, atau indikasi kuat bahwa pencari ingin membeli sesuatu. Contoh kata kunci niat komersial yang tinggi meliputi:MembeliDiskon(s)Deal(s)Kupon(s)Pengiriman gratis

Baca lebih lanjut tentang kata kunci niat komersial dalam posting blog ini. Kata kunci dan Struktur Akun

Aspek penting lain dari kata kunci yang penting untuk keberhasilan kampanye pemasaran mesin pencari adalah struktur akun.

Pengelompokan kata kunci logis dan struktur akun dapat membantu Anda mencapai rasio klik-tayang yang lebih tinggi, biaya per klik yang lebih rendah, dan kinerja keseluruhan yang umumnya lebih kuat, dan penelitian kata kunci dapat membantu Anda berpikir tentang cara terbaik menyusun akun Anda.

Akun Iklan AdWords dan Bing harus disusun dengan cara berikut untuk hasil yang optimal:

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, akun terstruktur secara optimal terdiri dari lima SEO Semarang elemen yang berbeda:Kampanye iklanGrup iklanKata kunciTeks iklanHalaman arahan

Kampanye iklan dapat, dan dalam banyak kasus, fokus pada produk atau layanan serupa. Misalnya, jika Anda menjalankan toko perangkat keras, satu kampanye iklan dapat fokus secara eksklusif pada produk musim gugur seperti blower daun, garu, dan tas daun, sedangkan yang lain mungkin fokus pada alat-alat listrik dan sebagainya.

Grup iklan memungkinkan setiap kampanye dikategorikan lebih lanjut untuk relevansi. Dalam contoh toko perangkat keras kami, satu grup iklan bisa untuk berbagai jenis garu atau berbagai model blower daun. Untuk kampanye alat-alat listrik, satu grup iklan mungkin fokus pada latihan daya, sementara yang lain dapat fokus pada gergaji melingkar. Tingkat organisasi ini mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk diatur pada awalnya, tetapi imbalannya – yaitu CTR yang lebih tinggi dengan biaya lebih rendah – membuat upaya ini bermanfaat dalam jangka panjang. Lelang Iklan Pemasaran Mesin Pencari

Salah satu kesalahpahaman yang paling abadi tentang pemasaran mesin pencari adalah bahwa siapa pun yang memiliki anggaran iklan terbesar menang. Meskipun anggaran iklan yang lebih besar tentu bisa menguntungkan, terutama ketika menargetkan kata kunci yang sangat kompetitif, tetapi itu jauh dari persyaratan untuk sukses dengan pemasaran mesin pencari. Ini karena semua iklan melalui proses yang dikenal sebagai lelang iklan sebelum muncul bersamaan dengan hasil pencarian. Untuk tujuan penjelasan ini, kami akan fokus pada lelang iklan di Google AdWords.How the Ad Auction Works

Proses lelang iklan berlangsung setiap kali seseorang memasukkan permintaan pencarian ke Google. Untuk dimasukkan ke dalam lelang iklan, pengiklan mengidentifikasi kata kunci yang ingin mereka bidik, dan menyatakan berapa banyak yang bersedia mereka belanjakan (per klik) agar iklan mereka muncul bersamaan dengan hasil yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Jika Google menentukan bahwa kata kunci yang Anda bidik terkandung dalam permintaan pencarian pengguna, iklan Anda dimasukkan ke dalam lelang iklan. Bagaimana Iklan ‘Menangkan’ Lelang Iklan

Tidak semua iklan akan muncul di setiap pencarian. Ini karena lelang iklan memperhitungkan berbagai faktor ketika menentukan penempatan iklan di SERP, dan karena tidak setiap kata kunci memiliki niat komersial yang cukup untuk membenarkan menampilkan iklan di samping hasil. Namun, dua faktor utama yang dievaluasi Google sebagai bagian dari proses lelang iklan adalah tawaran maksimum Anda dan Skor Kualitas iklan Anda.

Tawaran maksimum adalah jumlah maksimum yang telah Anda tentukan yang bersedia Anda bayar untuk satu klik. Skor Kualitas adalah metrik berdasarkan kualitas keseluruhan iklan Anda. Google menghitung metrik ini selama lelang iklan untuk menentukan penempatan iklan. Hasil perhitungan ini dikenal sebagai peringkat iklan.

Pentingnya Skor Kualitas di SEM

Mengingat bahwa Skor Kualitas Google AdWords terdiri dari setengah dari formula peringkat iklan, ini adalah salah satu metrik paling penting yang dapat difokuskan oleh pemasar mesin pencari. Skor Kualitas Tinggi dapat membantu Anda mencapai posisi iklan yang lebih baik dengan biaya lebih rendah, karena Google menyukai iklan yang sangat relevan dengan kueri pengguna.

Pada tabel di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa meskipun Pengiklan 1 memiliki tawaran maksimum terendah, mereka memiliki Skor Kualitas tertinggi, yang berarti iklan mereka diberi prioritas dalam hal penempatan selama lelang iklan:

Skor Kualitas bisa dibilang metrik yang paling penting dalam pemasaran mesin pencari. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Skor Kualitas dan dampaknya terhadap kampanye Anda, baca sumber daya ini di PPC University.Succeed at Search Engine Marketing dengan WordStream

Di WordStream, kita makan, tidur, dan bernapas pemasaran mesin pencari. Apakah Anda pendatang baru dalam pemasaran pencarian berbayar atau profesional berpengalaman, kami ingin memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam pemasaran mesin pencari. Grader Kinerja Google Ads WordStream

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *