Categories
Search Engine Marketing

Apa itu Search Engine Marketing: Panduan – Definisi

Search engine marketing (SEM) adalah jenis pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan situs web di halaman hasil SEO Semarang mesin pencari. Mengamankan situs web Anda dengan posisi tinggi dalam hasil pencarian, SEM membantu Anda menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.Apa perbedaan antara SEO dan SEM?

Sulit untuk menghindari ambiguitas saat berbicara tentang perbedaan antara SEO dan SEM. Mendorong situs web Anda ke bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP) mungkin termasuk promosi organik dan iklan berbayar, seperti iklan PPC. SEO selalu dipandang sebagai promosi organik, sementara pandangan tentang SEM telah berubah seiring waktu.

Pada awalnya, istilah SEM melibatkan strategi berbayar dan organik. Dalam hal ini, SEO muncul sebagai bagian dari SEM. Namun, sekarang pemasar menggunakan frasa “pemasaran mesin pencari” semakin banyak untuk kegiatan berbayar saja, yang membuat SEM dan SEO dua kategori berbeda. Untuk menghindari kebingungan, dalam artikel ini kita akan menggunakan kata SEM hanya untuk iklan pencarian berbayar.

Mengapa SEM penting?

Ditambah dengan SEO, SEM membantu bisnis Anda berada di puncak hasil pencarian di Google, Bing, dan pemain mesin pencari lainnya. Halaman pertama hasil pencarian mendapat lebih dari 71% dari semua klik.

Pemasaran mesin pencari menjadi semakin signifikan sebagai saluran generasi lalu lintas. Sementara rasio klik-tayang hasil pencarian organik telah turun sebesar 13% pada kuartal pertama 2019, SEM meroket sebesar 75% dalam rentang yang sama.

Lebih baik lagi, pemirsa setia pada SEM. 75% orang mengatakan iklan pencarian berbayar membantu mereka menemukan informasi yang mereka cari, dan lebih dari 30% mengklik iklan pencarian berbayar karena langsung menjawab permintaan pencarian mereka.

Data ini menunjukkan bahwa pemasaran mesin pencari adalah sumber lalu lintas yang bagus dan saluran akuisisi pelanggan. Baca terus untuk mempelajari bagaimana bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan dari SEM.Manfaat Search Engine Marketing

Tingkat konversi yang lebih tinggi

Kesadaran merek yang lebih baik

Hasil langsung

Lalu lintas yang konsisten

Sangat menggoda untuk mengabaikan aktivitas pencarian berbayar dan berinvestasi di saluran pemasaran lainnya sebagai gantinya. Namun, SEM memiliki keuntungan nyata. Mari kita lihat lebih dekat beberapa dari mereka.

Tingkat konversi yang lebih tinggi. Dengan menggunakan kata kunci, pemasaran mesin pencari hanya menangkap pelanggan yang berpotensi tertarik dengan proposal Anda. Setengah dari audiens yang datang ke situs web pengecer dari iklan berbayar kemungkinan akan melakukan pembelian dibandingkan dengan mereka yang berasal dari tautan organik.

Kesadaran merek yang lebih baik. SEM tidak hanya mengkonversi pemirsa yang sudah tahu merek Anda; Hal ini juga dapat meningkatkan kesadaran merek hingga 80%. Ketika orang mencari sesuatu dan melihat iklan, mereka mungkin tidak mengkliknya, tetapi masih dapat mengenali produk, merek, atau bahkan URL.

Hasil langsung. Sementara mendorong situs web Anda ke puncak hasil pencarian organik sering memakan waktu berbulan-bulan, iklan berbayar muncul di atas dan membawa hasil segera. Mereka membantu Anda menjangkau audiens target Anda secara instan.

Lalu lintas yang konsisten. Saat kampanye SEM Anda berjalan, mereka menghasilkan lalu lintas tambahan ke situs web Anda. Menurut Google, 89% dari lalu lintas ini tidak digantikan oleh klik organik ketika iklan dihentikan. Jumlah ini secara konsisten tinggi di antara berbagai industri, seperti otomotif, perawatan kesehatan, atau perjalanan. Sederhananya, SEM menghasilkan lalu lintas yang berkelanjutan sepanjang waktu selama kampanye iklan Anda.

Dengan semua manfaat itu, pemasaran mesin pencari terlihat terlalu menarik untuk meninggalkannya di atas meja. Sekarang saatnya untuk menemukan cara kerja SEM.

Bagaimana cara kerja SEM?

Dari perspektif pencari, SEM terlihat seperti jawaban atas pertanyaan mereka dengan label “iklan” atau “disponsori” di samping hasil pencarian. Mesin pencari menunjukkannya di bagian atas halaman hasil. Ini membantu iklan berbayar mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan hasil organik.

Dari perspektif pemasar, SEM tampaknya sedikit lebih canggih. Profesional bisnis menggunakan banyak jaringan, seperti Google Ads, Bing Ads, dan sebagainya. Untuk memulai iklan, pemasar memilih jaringan dan mengatur kampanye sendiri.

Untuk membuat kampanye, Anda perlu memilih kata kunci – kata-kata yang terkait dengan promosi Anda dan digunakan oleh pencari untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Misalnya, jika Anda mempromosikan sepatu lari, kata kunci Anda mungkin “sepatu lari” atau “beli sepatu lari”. Anda dapat menggunakan kata kunci spesifik, atau ekor panjang, untuk menargetkan audiens Anda lebih tepat. Pilihan lain untuk membuat kampanye Anda lebih efektif adalah menerapkan kriteria lain, seperti lokasi pencari, usia, jenis kelamin, perangkat yang mereka gunakan, atau waktu tertentu dalam sehari untuk menampilkan iklan.

Setelah kampanye Anda siap, platform SEM memutuskan kapan dan di mana menampilkan iklan Anda dengan mempertimbangkan persaingan dengan merek lain yang menargetkan kata kunci yang sama. Sistem ini disebut Lelang Iklan. Tempat Anda di SERP tergantung pada jumlah maksimum yang siap Anda bayar untuk klik dan peringkat Anda di platform.

Ada banyak format visual untuk bagaimana iklan Anda akan muncul di halaman hasil pencarian. Mari selami subjek ini dan membongkar beberapa jenis pemasaran mesin pencari yang populer.Jenis SEM

Iklan teks

Iklan belanja Google

Iklan responsif

Iklan layanan lokal

Inilah titik di mana arti istilah “search marketing” menjadi teka-teki lagi. Mengacu pada SEM sebagai banyak cara pencarian yang mempromosikan, kita dapat membaginya menjadi kegiatan pencarian organik (SEO), kegiatan berbayar, dan pencarian lokal, atau memasarkan bisnis Anda secara lokal.

Berarti SEM sebagai aktivitas berbayar saja, dimungkinkan untuk berbicara tentang berbagai jenis iklan yang digunakan oleh mesin pencari. Mari kita bahas jenis platform paling populer – Google Ads – menawarkan penggunanya. Berikut adalah beberapa dari mereka:

Iklan Teks

Jenis ini adalah yang paling populer dan paling mudah untuk dibuat. Iklan teks termasuk berita utama, salinan tubuh, dan tautan ke situs web Anda. Tergantung pada biaya iklan dan mesin pencari, mereka mungkin muncul di atas, di sebelah kanan, atau di bawah daftar organik.

Contoh iklan teksIklan Belanja Google

Jenis iklan ini didasarkan pada prinsip yang sama menggunakan kata kunci seperti yang sebelumnya. Perbedaannya adalah bagian visual – iklan belanja Google menyertakan gambar dan harga. Format ini sangat cocok untuk menjual produk.

Contoh iklan belanja Google; Sumber: willmarlow.comIklan Responsif

Format ini bermuara pada membiarkan Google secara otomatis menyesuaikan iklan Anda dengan pola perilaku pencari yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetik beberapa berita utama dan deskripsi untuk kampanye Anda; Platform iklan akan menguji semua kombinasi yang mungkin dan menampilkan pencari iklan berkinerja terbaik.

Iklan Layanan Lokal

Opsi ini dibuat untuk bisnis lokal, seperti kedai kopi, tukang ledeng, agen real estat, dan sebagainya. Iklan layanan lokal memungkinkan Anda untuk beriklan hanya di area tertentu dan menerima arahan langsung dari pelanggan potensial.

Contoh iklan layanan lokal

Meskipun kami hanya mencantumkan jenis iklan Google, mesin pencari lain menggunakan format yang serupa. Misalnya, dengan Bing, Anda dapat menemukan iklan yang analog dengan iklan teks dan iklan belanja Google.

Kami telah meluncurkan manfaat pemasaran mesin pencari, prinsip kerja penting, dan beberapa jenis iklan. Mari kita temukan cara menerapkan SEM dalam strategi pemasaran Anda.Cara Menggunakan SEMMembuat strategi

Mengumpulkan daftar kata kunci

Menambahkan promosi pencarian organik

Bereksperimen dengan berbagai jenis iklan

Periksa kampanye Anda secara teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *