Categories
Search Engine Marketing

Apa itu Search Engine Marketing (+ Cara Menerapkannya)

Search engine marketing (SEM) adalah teknik pemasaran menempatkan iklan di halaman hasil mesin pencari (SERPs) untuk mendapatkan lalu lintas situs SEO Semarang web. Istilah ini sering bingung dengan optimasi mesin pencari (SEO), yang lebih terkait dengan mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Keduanya benar-benar berbeda dalam arti dan eksekusi.

Posting ini berfokus pada aspek SEM dan cara terbaik menggunakannya untuk bisnis Anda. Ini mungkin tampak seperti hal yang sederhana untuk hanya menempatkan iklan dan mendapatkan lalu lintas, tetapi dibutuhkan lebih dari itu untuk melakukannya dengan baik. Untuk menjadi sukses di SEM, Anda perlu membuat pesan yang tepat, memilih kata kunci yang tepat, dan menargetkan audiens yang tepat.

Jika tidak dilakukan dengan benar, itu bisa berubah menjadi lubang uang yang memberikan ROI yang sangat rendah pada investasi besar yang Anda masukkan ke dalamnya. Oleh karena itu, kami di sini untuk membantu Anda dengan semua aspek pemasaran mesin pencari untuk bisnis Anda. Apa itu Search Engine Marketing (+ Bagaimana Anda Bisa Melakukannya dengan Sukses): Search Engine Marketing – Apa itu SEM dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebelum kita masuk ke rincian apapun, mari kita pahami dulu bagaimana SEM benar-benar bekerja.

Pernahkah Anda mengetikkan kueri pencarian Google dan memperhatikan bahwa 1-2 hasil pertama sebenarnya adalah iklan? Ini muncul sebagai daftar lain tetapi sebenarnya disponsori. Jika Anda tahu apa yang kita bicarakan, maka itulah inti dari SEM. Jika tidak, Anda dapat mengawasi iklan semacam itu saat berikutnya Anda menjalankan permintaan pencarian di Google.

Singkatnya, SEM memungkinkan Anda untuk menempatkan iklan tersebut pada halaman hasil mesin pencari ketika pengguna mengetik query. Pengiklan menawar kata kunci yang mereka inginkan agar iklan mereka ditampilkan. Ketika pengguna mengetik permintaan pencarian tertentu, pengiklan yang menawar yang tertinggi untuk kata kunci itu akan menampilkan iklan mereka terlebih dahulu.

Seperti halnya SEO, sangat penting untuk SEM juga bahwa iklan Anda ditampilkan di halaman pertama halaman hasil mesin pencari. Kebanyakan orang tidak melihat melampaui halaman pertama, jadi jika iklan Anda ditampilkan di halaman lain, itu hanya membuang-buang uang.

Mengingat bahwa begitu banyak pengiklan mungkin menawar kata kunci yang sama dan hanya beberapa yang bisa berada di halaman pertama, Anda dapat memahami tingkat persaingan.

Di sinilah mengetahui strategi SEM yang tepat dapat membantu Anda menonjol. Jika Anda ingin mengalahkan pesaing Anda, Anda harus pintar dan menawar kata kunci yang tepat. Pada bagian berikutnya, kita akan membahas apa yang perlu Anda ketahui tentang kata kunci pencarian berbayar dan cara memilih yang terbaik untuk SEM Anda. Kata Kunci SEM – Semua yang Perlu Anda Ketahui

Kata kunci adalah pilar utama di balik keberhasilan pemasaran mesin pencari. Sebagai pengiklan, Anda perlu menawar kata kunci yang Anda inginkan agar iklan Anda ditampilkan. Pemilihan kata kunci ini sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Bagaimana Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk ditawar? Dua kata: penelitian kata kunci. Penelitian Kata Kunci

Anda perlu melakukan penelitian kata kunci menyeluruh bahkan sebelum Anda berpikir untuk memulai kampanye pencarian berbayar. Kata kunci tidak hanya dasar dari SEM tetapi juga SEO dan pemasaran konten. Jelas, penelitian kata kunci sangat penting karena membantu dengan semua upaya pemasaran Anda.

Untuk penelitian kata kunci Anda, Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti SEMRush atau Perencana Kata Kunci Google yang merupakan alat bawaan yang disertakan dengan akun Google Ads Anda.

Tidak peduli alat mana yang Anda putuskan untuk digunakan untuk penelitian kata kunci Anda, prosesnya serupa. Anda perlu mengetikkan industri, niche, atau kata kunci dan alat-alat ini akan memberikan daftar kata kunci terkait. Anda kemudian dapat mengurutkan dan memfilter daftar itu dan memilih kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda. Pemilihan Kata Kunci

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci, tugas terbesar adalah memilih kata kunci yang tepat untuk ditargetkan dengan iklan Anda. Anda dapat menggunakan metrik seperti volume pencarian kata kunci dan skor kesulitan untuk mempersempit daftar Anda ke kata kunci yang paling kompetitif.

Perencana Kata Kunci Google, misalnya, memberikan banyak detail tentang setiap kata kunci. Ini termasuk klik, biaya, CTR (rasio klik-tayang), BPK rata-rata (biaya per klik), volume pencarian, perkiraan, dan banyak lagi. Ini memberikan lebih dari cukup informasi untuk membantu Anda memutuskan apakah kata kunci layak diinvestasikan atau tidak.

Kriteria penting lainnya untuk pemilihan kata kunci adalah relevansi dan maksud pengguna. Yang pertama terkait dengan bisnis Anda dan seberapa relevan kata kunci untuk itu.

Yang terakhir mengacu pada apa yang diharapkan pengguna untuk ditemukan ketika mereka mencari kata kunci tertentu. Untuk memahami maksud pengguna kata kunci, Anda dapat mencarinya di Google dan melihat hasil seperti apa yang tercantum. Kemudian, Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah maksud pengguna cocok dengan apa yang Anda tawarkan dan apakah ini adalah pengguna pencarian yang ingin Anda targetkan.

Trik lain untuk mengalahkan kompetisi adalah dengan menggunakan kata kunci niche mungkin. Ini mungkin tidak memiliki volume pencarian yang sangat tinggi tetapi lebih relevan dengan bisnis Anda. Ini berarti bahwa orang-orang yang mencari istilah-istilah ini adalah persis siapa yang ingin Anda targetkan. Cara Menjalankan Kampanye SEM

Anda dapat menjalankan SEM atau kampanye pencarian berbayar dengan menggunakan salah satu platform iklan mesin pencari populer. Google AdWords sejauh ini adalah platform terbesar dan paling populer. Pilihan utama lainnya termasuk Yahoo Ads dan Bing Ads.

Anda dapat memilih salah satu platform ini untuk menjalankan kampanye SEM Anda, namun, pilihan kami adalah Google AdWords. Hal ini memungkinkan Anda untuk menempatkan iklan di SERP Google, dan Google mendapat lebih banyak permintaan pencarian daripada mesin pencari lainnya.

Aspek terpenting dari kampanye SEM, selain kata kunci, adalah penawaran dan alokasi anggaran. Anda harus terlebih dahulu memutuskan jumlah total yang bersedia Anda belanjakan untuk kampanye Anda. Ini akan membantu Anda menentukan tawaran pribadi Anda untuk kata kunci yang berbeda.

Tawaran kata kunci pada dasarnya mengacu pada berapa banyak Anda bersedia membayar setiap kali pengguna mengklik iklan Anda. Anda perlu mengenakan jumlah dolar yang disebut tawaran BPK maks, yang pada dasarnya menunjukkan jumlah maksimum per klik yang bersedia Anda bayar.

Google AdWords memberi Anda saran untuk ini dan juga memiliki beberapa strategi penawaran cerdas yang dapat Anda gunakan.

Misalnya, ada strategi penawaran yang disebut BPK yang ditingkatkan yang secara otomatis memodifikasi tawaran Anda tergantung pada kemungkinan mendapatkan konversi. Ada beberapa strategi penawaran lain yang dapat membantu Anda menempatkan tawaran cerdas dan melepas tekanan penawaran manual. Jadi, jika Anda menggunakan Google AdWords, Anda dapat memanfaatkannya untuk keuntungan Anda.

Setelah Anda menempatkan tawaran Anda, Google semacam menjalankan lelang real-time untuk memutuskan iklan mana yang akan ditampilkan terlebih dahulu, untuk kueri penelusuran tertentu. Apa itu Lelang Google dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Google memiliki proses sendiri untuk memutuskan iklan mana yang akan ditampilkan untuk kueri pencarian mana. Anda mungkin berpikir bahwa pengiklan dengan tawaran tertinggi akan menang, tetapi itu tidak selalu terjadi.

Google menjalankan lelang jenis untuk memutuskan iklan mana yang akan ditampilkan untuk setiap permintaan pencarian. Ia menggunakan dua kriteria untuk menentukan hal ini. Salah satunya adalah, tentu saja, tawaran BPK maksimum yang ditempatkan pada kata kunci oleh pengiklan yang berbeda. Yang kedua, bagaimanapun, lebih kualitatif karena benar-benar menentukan Skor Kualitas iklan dan memberikan preferensi kepada mereka yang memiliki kualitas lebih baik.

Dengan demikian, apakah iklan Anda dipilih adalah faktor dari tawaran Anda dan kualitas iklan Anda. Iklan berkualitas buruk harus memiliki tawaran yang jauh lebih tinggi untuk dipilih daripada yang berkualitas baik.

Di sinilah Anda memiliki kesempatan untuk bersinar. Jika Anda membuat iklan yang relevan dan berkualitas baik, maka Anda harus membayar jauh lebih sedikit dan masih memiliki kesempatan untuk dipilih untuk kata kunci.

Secara keseluruhan, tempatkan tawaran yang cerdas dan kompetitif untuk kata kunci tanpa melanggar bank dan membuat iklan berkualitas tinggi untuk meningkatkan peluang Anda. Itulah seluruh trik di balik memenangkan lelang Google dan menampilkan iklan Anda untuk permintaan pencarian pilihan Anda.

Tapi apa sebenarnya arti Skor Kualitas dan bagaimana Anda memperbaikinya? Mari kita cari tahu. Skor Kualitas Google Ads

Skor Kualitas adalah skor yang diberikan Google untuk setiap iklan yang ada di platformnya. Google menentukan skor ini dengan menganalisis seberapa relevan iklan, kontennya, halaman arahan tertautnya, dll. Ini benar-benar tentang relevansi iklan dengan permintaan pencarian pengguna.

Google atau mesin pencari lainnya dalam hal ini berusaha untuk menunjukkan hasil yang paling relevan kepada pengguna mereka. Itulah sebabnya Skor Kualitas iklan sangat tergantung pada relevansi.

Untuk meningkatkan Skor Kualitas iklan Anda, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang sama dalam salinan iklan Anda. Juga, tautkan ke halaman yang berfokus pada kata kunci yang sama dan akan relevan dengan seseorang yang mencari kata kunci itu. Hal-hal seperti ini sangat membantu dalam memastikan kesuksesan untuk inisiatif SEM Anda. Apa selanjutnya?

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar pemasaran mesin pencari dan semua yang diperlukan, sekarang saatnya untuk merancang kampanye pencarian berbayar Anda. Jelas akan ada kurva belajar sebelum Anda menjadi pro dalam hal itu. Dan, informasi yang diberikan dalam posting ini akan membantu Anda menguasai SEM lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *